Hot Links
Jaringan Pelayanan
Kantor Pusat/Cabang Utama
Kantor Pusat/Cabang Utama
Kantor Kas UPN Veteran Yogyakarta
Kantor Kas RS Bethesda
Kantor Kas RSKIA Bethesda Lempuyangwangi
Kantor Cabang Pembantu Malioboro
Kantor Kas Palagan
Kantor Kas RSUP Dr. Sardjito
Kantor Kas Kanwil Ditjen Pajak (DJP)
Payment Point KPPD/SAMSAT di Kota Yogyakarta
Kantor Kas Universitas Gadjah Mada (UGM)
Payment Point DPPKA Pemprov DIY
Kantor Kas UKDW
Payment Point Paviliun Ayodya RSUP Dr. Sardjito
Payment Point Kantor BATAN
Cabang Sleman
Cabang Sleman
Kantor Cabang Pembantu Kalasan
Kantor Cabang Pembantu Pakem
Kantor Cabang Pembantu Condongcatur
Kantor Cabang Pembantu Godean
Kantor Cabang Pembantu Gamping
Kantor Kas RSUD Sleman
Kantor Kas Tempel
Kantor Kas Mlati
Kantor Kas Ngaglik
Kantor Kas UNY
Kantor Kas Maguwoharjo
Kantor Kas Turi
Kantor Kas Moyudan
Kantor Kas Seyegan
Kantor Kas Ngemplak
Kantor Kas Berbah
Kantor Kas Sembada
Kantor Kas Sendangadi
Kantor Kas Tlagareja
Payment Point INSTIPER Yogyakarta
Payment Point KPPD/SAMSAT di Kabupaten Sleman
Payment Point SAMSAT Pembantu di Kabupaten Sleman
Kantor Kas Prambanan
Kantor Kas Sidoarum
Kantor Kas Cangkringan
Cabang Bantul
Cabang Bantul
Kantor Cabang Pembantu Piyungan
Kantor Cabang Pembantu Imogiri
Kantor Kas RSUD Bantul
Kantor Kas Srandakan
Kantor Kas Sewon
Kantor Kas Gabusan
Kantor Kas Sedayu
Kantor Kas Kretek
Kantor Kas Pleret
Kantor Kas Parasamya
Kantor Kas Sanden
Kantor Kas Baturetno
Payment Point KPP Pratama Bantul
Payment Point Universitas Mercu Buana
Payment Point KPPD/SAMSAT di Kabupaten Bantul
Payment Point SAMSAT Pembantu di Kabupaten Bantul
Payment Point Dinas Perizinan Bantul
Kantor Kas Kasongan
Kantor Kas Pandak
Kantor Kas Pundong
Kantor Kas Bambanglipuro
Kantor Kas Jetis
Payment Point Mikro Makarya Pasar Imogiri
Payment Point Mikro Makarya Pasar Piyungan
Payment Point Mikro Makarya Pasar Niten
Kantor Kas Dlingo
Cabang Wates
Cabang Wates
Kantor Cabang Pembantu Galur
Kantor Cabang Pembantu Nanggulan
Kantor Cabang Pembantu Sentolo
Kantor Kas Temon
Kantor Kas Binangun
Kantor Kas RSUD Wates
Kantor Kas Bendungan
Kantor Kas Dekso
Kantor Kas Pengasih
Payment Point KPPD/SAMSAT di Kabupaten Kulon Progo
Kantor Kas Lendah
Kantor Kas Kokap
Kantor Kas Samigaluh
Kantor Kas Panjatan
Payment Point KPP Pratama Wates
Cabang Wonosari
Cabang Wonosari
Kantor Cabang Pembantu Karangmojo
Kantor Cabang Pembantu Semin
Kantor Cabang Pembantu Playen
Kantor Kas RSUD Wonosari
Kantor Kas Ponjong
Kantor Kas Semanu
Kantor Kas Nglipar
Kantor Kas Patuk
Kantor Kas Paliyan
Kantor Kas Pemerintah Kabupaten Gunungkidul
Kantor Kas Panggang
Payment Point KPPD/SAMSAT di Kabupaten Gunungkidul
Payment Point KPP Pratama Wonosari
Kantor Kas Rongkop
Kantor Kas Tepus
Kantor Kas Ngawen
Kantor Kas Girisubo
Kantor Kas Mikro Makarya Pasar Argosari
Cabang Senopati
Cabang Senopati
Kantor Cabang Pembantu Kotagede
Kantor Kas RSUD Kodya
Kantor Kas Wirobrajan
Kantor Kas Prawirotaman
Kantor Kas Universitas Widya Mataram
Kantor Kas Balaikota
Kantor Kas Manggung
Kantor Kas Giwangan
Kantor Kas Gedongkuning
Payment Point Universitas Janabadra
Payment Point KPP Pratama Kota Yogyakarta
Kantor Kas Pasar Beringharjo
Kantor Kas Gedung Keuangan Negara
Kantor Cabang Syariah
Kantor Cabang Syariah
Kantor Kas Syariah Asri Medical Centre (AMC)
Kantor Kas Kusumanegara
Kantor Kas Syariah Krapyak
ATM
This Week 528
This Month 2193
Total 561687
Pengumuman
Layanan Pengaduan Nasabah Melalui Mediasi Perbankan
Tanggal: 05 April 2007 03:05:13
Nasabah yang terhormat, Terima kasih Anda telah bergabung dengan Kami. Sesuai dengan motto Bank BPD DIY yaitu Kita Berkembang Bersama, Kami senantiasa tanggap dan terus meningkatkan kualitas pelayanan. Sehubungan dengan Peraturan Bank Indonesia terkait dengan penyelesaian sengketa antara Nasabah dengan Bank yang disebabkan tidak dipenuhinya tuntutan Nasabah dalam penyelesaian pengaduan dapat diupayakan penyelesaiannya melalui Mediasi Perbankan. Berikut kami sampaikan informasi mengenai Mediasi Perbankan.

Mengenal MEDIASI PERBANKAN
Mediasi Perbankan adalah alternatif proses penyelesaian sengketa antara Nasabah dengan Bank yang timbul akibat tidak dipenuhinya tuntutan finansial Nasabah oleh Bank dalam penyelesaian pengaduan Nasabah dengan melibatkan mediator untuk membantu para pihak yang bersengketa guna mencapai penyelesaian dalam bentuk kesepakatan sukarela terhadap sebagian ataupun seluruh permasalahan yang disengketakan. Dalam hal ini Bank Indonesia melaksanakan fungsi Mediasi Perbankan sampai dengan terbentuknya lembaga Mediasi Perbankan Independen.

Mengapa Mediasi Perbankan diperlukan?
Mediasi Perbankan merupakan sarana alternatif penyelesaian sengketa tanpa harus melalui jalur peradilan atau Arbitrase mengingat hal tersebut memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya Mediasi Perbankan akan memperluas akses kepada Nasabah dalam mengupayakan proses penyelesaian sengketa secara lebih sederhana, murah dan cepat sehingga hak Nasabah dapat terjaga dan terpenuhi dengan baik.

Seberapa besar nilai tuntutan yang dapat diajukan oleh nasabah dalam proses penyelesaian sengketa melalui Mediasi Perbankan?
Dalam memanfaatkan proses penyelesaian sengketa melalui Bank Indonesia selaku Mediator, nilai tuntutan finansial yang dapat diajukan Nasabah untuk setiap sengketa paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah). Nilai tuntutan finansial yang dapat diajukan berupa kerugian finansial yang telah terjadi pada Nasabah, potensi kerugian karena penundaan atau tidak dapat dilaksanakannya transaksi keuangan Nasabah dengan pihak lain, dan atau biaya-biaya yang telah dikeluarkan Nasabah untuk menyelesaikan Sengketa. Nasabah tidak dapat mengajukan tuntutan finansial yang diakibatkan oleh kerugian immateriil.

Persyaratan apakah yang wajib dipenuhi oleh Nasabah dalam mengajukan penyelesaian sengketa melalui Mediasi Perbankan?
Persyaratan yang wajib dipenuhi dalam pengajuan penyelesaian sengketa melalui Mediasi Perbankan sebagai berikut:
  1. Permasalahan yang disengketakan merupakan sengketa keperdataan dan sebelumnya pernah diajukan upaya penyelesaiannya oleh Nasabah kepada Bank BPD DIY.
  2. Sengketa yang diajukan tidak sedang dalam proses atau belum pernah diputus oleh lembaga arbitrase atau peradilan, atau belum terdapat kesepakatan yang difasilitasi oleh lembaga mediasi lainnya dan belum pernah diproses dalam Mediasi Perbankan yang difasilitasi oleh Bank Indonesia.
  3. Pengajuan penyelesaian sengketa tidak melebihi 60 (enam puluh) hari kerja sejak tanggal surat hasil penyelesaian pengaduan yang disampaikan Bank BPD DIY kepada nasabah. Pengajuan penyelesaian sengketa diajukan secara tertulis dengan disertai dokumen pendukung yang memadai.


Dokumen pendukung apa yang dipersyaratkan untuk mengajukan penyelesaian sengketa melalui Mediasi Perbankan?
Mengisi Formulir Pengajuan Penyelesaian Sengketa yang disediakan Bank BPD DIY dengan disertai dokumen pendukung berupa:
  1. Fotokopi surat hasil penyelesaian pengaduan yang disampaikan Bank BPD DIY kepada nasabah.
  2. Fotokopi bukti identitas nasabah yang masih berlaku.
  3. Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai yang cukup, antara lain menyatakan bahwa Sengketa yang diajukan tidak sedang dalam proses atau telah mendapatkan keputusan dari lembaga arbitrase, peradilan atau lembaga Mediasi lainnya dan belum pernah diproses dalam Mediasi perbankan yang difasilitasi oleh Bank Indonesia (format disediakan oleh Bank BPD DIY).
  4. Fotokopi dokumen pendukung yang terkait dengan Sengketa yang diajukan.
  5. Fotokopi surat kuasa dan bukti identitas penerima kuasa yang masih berlaku, dalam hal pengajuan penyelesaian sengketa dikuasakan.


Bagaimana prosedur yang harus ditempuh oleh Nasabah dalam mengajukan penyelesaian sengketa melalui Mediasi Perbankan?
Mengajukan permohonan penyelesaian Sengketa secara tertulis dengan menggunakan formulir yang telah disediakan di setiap kantor pelayanan Bank BPD DIY disertai dokumen yang dipersyaratkan untuk disampaikan kepada Bank Indonesia dengan alamat:

Direktorat Investigasi dan Mediasi Perbankan Bank Indonesia
Menara Radius Prawiro lantai 19
Jl. MH Thamrin No. 2 Jakarta 10110
 
Copyright © 2006 - 2014
Bank Pembangunan Daerah - Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta